Selasa, 30 Agustus 2011

Idul Fitri 1432 H jatuh pada....

Hai.. Hai..
Hari ini sudah ada yang lebaran kah? Atau belum?
Kalau aku lebarannya besok, hari Rabu, 31 Agustus.

Awalnya aku bingung, sebenarnya kapan lebarannya. Soalnya banyak teman-temanku yang bilang lebarannya hari Selasa, terus katanya di Pendopo sudah dipersiapkan segala sesuatunya untuk shalat Ied.
Untuk mengantisipasi, Ummi ku sudah mulai memasak pada hari Senin, takut tidak sempat.

Pemerintah Indonesia belum mengeluarkan keputusan resmi kapan tanggal 1 Syawal jatuh. Sementara Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari selasa, 30 Agustus. Lumayan banyak juga yang melaksanakan lebaran hari ini. Di antara mereka memilih lebaran lebih dulu supaya enak, nggak perlu puasa. Tapi nggak semuanya kok..
Tadi juga waktu aku ke pasar beli buah, ada ibu-ibu yang lagi asyik makan. Ternyata katanya ibu itu tadi sudah lebaran duluan. Nah, itu masih mending ya,, Sementara itu, ada yang nggak puasa hari ini, tapi ikut shalat iednya besok.
Kemarin aku nonton berita, ada Seorang ustadz yang ngomong, katanya, Menentukan Lebarannya kapan itu tergantung keyakinan masing-masing. Kalau lebaran selasa, ya nggak usah puasa lagi dan lakasanakan shalat ied pada hari selasa. Sementara, kalau lebarannya hari rabu, berarti selasanya harus tetap puasa. Bukannya selasa nggak puasa, tapi lebarannya rabu. Kalo istilah jawanya, "Ojo sekarepe dewe"... Setiap menentukan sesuatu itu ada dasarnya.
Muhammadiyah menentukan 1 Syawal dari kalender yang sudah mereka punyai, sementara itu, Pemerintah itu memutuskannya berdasarkan hilal. Jika hilal sudah terlihat di satu daerah, maka harus segera diberitahukan ke yang lainnya, maka lebaran akan dilaksanakan esoknya. Tetapi, jika hilal masih belum terlihat juga, berarti puasanya digenapkan 30 hari. (wah.. tahu banyak ya aku.. Soalnya update info terus. Hehehe )
Aku terus bertanya pada Ummi ku kapan lebarannya, Ummi ku sampai jengkel karena aku terus bertanya, sementara Ummi ku juga belum tahu pastinya Lebarannya kapan.
terus bapakku bilang lebarannya selasa, setelah magribh bapakku sudah bersiap-siap. Katanya mau takbiran. ternyataaaa baru sekitar satu jam pergi bapakku sudah pulang lagi. Katanya Takbirannya ditunda. Bupati masih belum memberikan keputusan kapan Lebarannya. Katanya masih menunggu hasil sidang dari kementrian Agama. Makanya, bapakku memutuskan untuk pulang.
Sekitar jam sembilan malam, lagi asyik-asyiknya beres-beres meja makan, aku dengar berita di TV. Keputusan pemerintah 1 Syawal jatuh pada 31 Agustus 2011.
Spontan, aku, ummi ku, dan budhe ku langsung berteriak. Soalnya sudah capek masak-masak dan mempersiapkan untuk lebaran.
Yah, tapi kalo dipikir-pikir nggak apa-apa juga sih, soalnya aku belum seterika baju untuk lebaran. Hehehe..
Karena makanan lebaran dan kue-kuenya sudah ditata, jadinya Hari Rabunya aku dan keluarga santai-santai deh. Paling tinggal memanaskan makanan untuk lebaran.
Jadi inget, ada seorang temanku yang SMS.
"Karena Hilal setitik, rusak opor sepanci"
Haha...
 http://www.rahasiadapur.com/wp-content/uploads/2009/08/opor_ayam.jpg
Selamat Lebaran semuanya... Minal Aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan bathin :)

2 komentar:

  1. Minal aidzin wal faidzin | nice post, especially 4d "gokil jika tahun 45 sudah ada twitter" :D | Keep blogging

    BalasHapus

bagi2 komentnya ya... ^_^