Senin, 25 Oktober 2010

Pengertian Psikologi Musik



Psikologi Musik dianggap baik sebagai cabang musikologi dan bentuk studi psikologi komplementer. Ini menguji pengaruh musik pada orang, pada kedua tingkat individu dan sosial. Sekarang secara formal belajar di beberapa universitas, psikologi musik telah menjadi cabang ilmu yang menarik, masih relatif baru dalam pengujian dan dampaknya.

Mungkin tanpa kecuali, budaya manusia melibatkan musik. Baik melalui nyanyian, instrumen perkusi, vokal atau diciptakan, musik adalah salah satu dari konstanta universal hampir beberapa masyarakat. Di negara-negara industri paling, musik adalah pengalaman sehari-hari: di jingle komersial atau di lift, bermain di radio dan iPod, peradaban hampir seluruhnya dikelilingi oleh musik. Jelas, pada tingkat budaya, musik adalah penting untuk manusia. Penelitian psikologi musik upaya untuk menentukan apa mental dan fisik efek musik telah di manusia, dan jika kondisi psikologis tertentu dapat diubah atau diciptakan oleh penerapan beberapa bentuk musik.

psikologi Musik adalah bidang yang luas, menggabungkan elemen-elemen ilmu pengetahuan musik tradisional dengan studi psikologi diterapkan, antropologi budaya, dan studi tentang kognisi, antara disiplin ilmu lainnya. Beberapa daerah saat ini belajar melibatkan efek dari ritual musik seperti konser, alasan psikologis untuk preferensi musik, dan studi kinerja musik. Masing-masing daerah dapat memberitahu peneliti sedikit tentang efek dari musik terhadap orang, dan memberi petunjuk ke pentingnya musik untuk otak.

Beberapa orang aktif menggunakan musik untuk yang merangsang atau bersantai efek. Driver yang menderita kecemasan kadang-kadang disarankan untuk terus musik yang tenang di dalam kendaraan mereka sebagai alat mempertahankan tenang. peristiwa Sporting sering menggunakan lagu-lagu tertentu sebagai alat menarik kerumunan dan menciptakan suasana antisipasi. upaya psikologi Musik untuk memahami mengapa jenis tertentu musik membuat efek ini, dan bagaimana hal itu dapat dimanfaatkan untuk membawa reaksi spesifik dari individu.

Beberapa universitas terkemuka sekarang menawarkan spesialisasi di bidang psikologi musik. Ohio State University di Amerika Serikat dan Royal College of Music di London, Inggris keduanya pionir dalam bidang pendidikan musik psikologi. Selain itu, masyarakat terkemuka yang mempekerjakan kedua ahli musik dan psikolog telah muncul di seluruh dunia, mempelajari efek musik daerah terhadap budaya lokal.
Sumber:http://www.lintasberita.com/go/1375502

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi2 komentnya ya... ^_^